Senin, 01 Februari 2010

Kesabaran


Usut Punya usut, Sabar adalah pilar kebahagiaan seorang hamba. Dengan kesabaran itulah seorang hamba akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan. Usut punya usut pula kesabaran semua orang memilikinya hanya saja kadarnya yang berbeda

yach barang kali itu benar, kata "sabar" memang mudah untuk diucapkan tp tidak mudah untuk dijalankan. Atau mungkin hanya meraka yang iklas yang bisa mampu memegang kata itu.

iyah ... memang sulit! tapi bukan berarti tidak bisa.
memang mudah menjadi sosok penyabar ketika kita menasehati orang laen, yang jadi pertanyaan bisakah kita benar bersabar ketika kita tertimpa masalah, bahkan masalah yang berat seperti mereka? "semoga saja bisa ..."


Apa ya sabar itu ...

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, menahannya dari perbuatan maksiat kepada Allah, serta menjaganya dari perasaan dan sikap marah dalam menghadapi takdir Allah….” (Syarh Tsalatsatul Ushul, hal. 24)

Di samping itu, ada sebab-sebab lain yang merupakan bagian dari kedua perkara ini. Di antaranya adalah kesabaran. Sabar adalah sebab untuk bisa mendapatkan berbagai kebaikan dan menolak berbagai keburukan. Hal ini sebagaimana diisyaratkan oleh firman Allah ta’ala, “Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” (QS. Al Baqarah [2]: 45).

Yaitu mintalah pertolongan kepada Allah dengan bekal sabar dan shalat dalam menangani semua urusan kalian. Begitu pula sabar menjadi sebab hamba bisa meraih kenikmatan abadi yaitu surga. Allah ta’ala berfirman kepada penduduk surga, “Keselamatan atas kalian berkat kesabaran kalian.”(QS. Ar Ra’d [13] : 24).






2 komentar: